Pengenalan Mikroskop


.

Pengenalan Mikroskop

Tujuan:

· Memperkenalkan Komponen-komponen Mikroskop dan cara penggunaannya

· Mempelajari cara penyiapan bahan yang akan di amati

Hasil pengamatan :

· Bayangan yang di hasilkan akan bersifat maya, terbalik, dan diperbesar.

· Jika objek pada meja preparat di geser ke kanan, maka bayangan akan bergeser ke kiri. Begitu juga sebaliknya jika objek di gesser ke atas maka bayangan akan bergeser ke bawah.

Pembahasan:

Mikroskop merupakan alat yang dapat membantu persoalan manusia dalam mengamati suatu objek berukuran kecil yang tidak dapat di lihat dengan mata secara langsung.

Ada dua jenis mikroskop berdasarkan objek yang diamati,yaitu: mikroskop dua dimensi (mikroskop cahaya) dan mikroskop tiga dimensi (mikroskop stereo). Sedangkan berdasarkan sumber cahayanya mikroskop dibedakan menjadi dua yaitu mikroskop cahaya dan mikroskop electron. Mikroskop cahaya memiliki perbesaran maksimum 1000 kalidan mikroskop stereo mempunyai perbesaran 7-30 kali. Sedangkan, mikroskop electron mempunyai perbesaran sampai 100 ribu kali.

Fungsi bagian-bagian mikroskop antara lain:

1. Tempat mata (eye places)

v Untuk meletakkan mata agar dapat melihat benda yang di amati.

2. Meja preparat

v Untuk meletakkan objek.

3. Penjepit preparat

v Untuyk menjepit objek yang akan diamati.

4. Lensa objektif

v Untuk membentuk bayangan pertama kali.

5. Lensa okuler

v Untuk memperbesar bayangan yang dibentyuk oleh lensa objektif

6. Lensa kondensor

v Untuk mendukung pencahayaan pada objek yang akan difokuskan.

7. Lampu

v Sebagai pengatur cahaya.

8. Pengatur focus

v Untuk mengatur focus bayangan agar terlihat jelas dan terang.

9. Revolver

v Untuk mengatur lensa perbesaran bayangan.

Cara penyiapan preparat basah adalah letakkan medium berupa setetes air diatas gelas objek dengan menggunakan pipet dan letakkan bahan yang akan diamati di dalam medium dengan bantuan pinset. Lalu tutup dengan kaca penutup dan usahakan agar tidak terdapat gelembung udara pada medium yaitu dengan memegang kaca penutup dengan posisi 45o terhadap gelas objek, sentuhkan tepi bawah kaca penutup pada permukaan medium dan perlahan rebahkan sehingga kaca penutup terletak diatas kaca objek. Jika masih ada gelembung, ulangi pekerjaan tersebut sampai tidak ada gelembung.

Perbesaran bayangan dari suatu objek dapat diketahui dari angka perbesaran lensa objektif dan okuler. Untuk menentukan diameter bidang pandang dapat di hitung dengan rumus:

Ø ok = Ø ol x pl/pk

Ø ok : diameter bidang pandang dengan objektif perbesaran kuat

Ø ol : diameter bidang pandang dengan objektif perbesaran lemah

pk : perbesaran lensa objektif kuat

pl : perbesaran objektif lemah

Kesimpulan:

Mikroskop dapat digunakan untuk melihat objek yang berukuran kecil yang tidak dapat dilihat dengan mata secara langsung. Setiap mikroskop mempunyai komponen dan fungsi yang berbeda-beda. Mikroskop berdasarkan kenampakan objek dibagi menjadi dua yaitu mikroskop cahaya (dua dimensi) dan mikroskop stereo (tiga dimensi). Cara penyiapan preparat basah adalah penetesan medium air diatas gelas objek, peletakan bahan, dan penutupan medium dengan kaca penutup.

Your Reply